4 Alasan Mengapa Brand Itu Sebaiknya Memiliki Blog

Beberapa orang mengatakan bahwa blog telah mati, atau saat ini media sosial sudah menjadi penguasa arus informasi dunia maya. Benarkah demikian?

Barangkali untuk penggunaan personal ada benarnya, namun tidak demikian dengan dunia bisnis dan branding.

Sebagai identitas brand

ISP INDRAMAYU MEGAHUB - Blog adalah alat yang ampuh untuk menunjukkan jati diri brand. Sejarah mencatat bahwa berbagai brand terkuat adalah mereka yang membangun interaksi emosional dengan masyarakat: konsumen maupun calon konsumen.

Hal-hal apa saja yang membuat brand lebih unggul dibanding kompetitor, apa nilai-nilai yang diusung dan bermanfaat bagi masyarakat? Semua bisa dituangkan di blog.

ISP INDRAMAYU MEGAHUB - SEO (Search Engine Optimization)

Jika brand itu memiliki produk berupa media online, platform blog, atau e-commerce sekalipun, perlu bermain dengan SEO.

Padahal sudah menjadi rahasia umum, sekarang ini SEO adalah keniscayaan yang tak boleh ditinggalkan. Bagaimana mengakalinya? Salah satunya adalah dengan rajin menulis blog. Bisa saja mengandalkan media sosial atau bahkan peliputan oleh media. Tapi harus diingat bahwa media sosial seperti Twitter dan Facebook bukanlah alat yang akrab dengan mesin pencari.

Dengan blog, dapat menjamin konten-konten yang ditulis selalu fresh dan terus diperbarui, ini hal yang disukai oleh mesin-mesin pencari. Sehingga tak ada alasan lagi orang-orang yang kebetulan sedang mencari informasi seputar brand  tersebut akan tersesat ke laman yang memberikan informasi tak bertanggungjawab.

Mengontrol arus informasi

ISP INDRAMAYU MEGAHUB - Ada kalanya brand mengalami masalah, sedang meluncurkan fitur baru, atau hal-hal lain yang terkadang menimbulkan rasa penasaran publik. Blog bisa menjadi tempat semua informasi ‘resmi’ berpangkal. Jadi bisa pastikan bahwa masyarakat memperoleh informasi langsung dari media milikmu sendiri, bukan dari gosip yang berlalu-lalang di media sosial.

Pangkal dari aktivitas media

Hari ini rasanya hampir tidak ada brand yang tak memiliki akun di media sosial. Tapi apa yang dipublikasikan di media sosial, seperti yang kita tahu, tak akan bertahan lama. Timeline atau news feed tak pernah berhenti mengalir.

Sekali mempublikasikan sesuatu di media sosial, informasi tersebut bisa dipastikan tidak akan bertahan lama dan dengan cepat terkubur oleh hal lain.

(mentari)