Kaleidoskop: 5 Terobosan Teknologi Paling Inovatif 2017

ISP CIREBON MEGAHUB - Perkembangan teknologi di sepanjang 2017 bisa dibilang cukup pesat. Semua industri, baik itu perangkat keras, perangkat lunak, maupun ekosistem mengalami kemajuan yang agresif.

Adapun kemajuan yang dimaksud mampu menciptakan inovasi yang dapat membantu beberapa pengguna dalam menjalankan kesehariannya.

Dengan demikian, ketidakmungkinan yang dulunya seolah tak ada, kini bisa diterapkan dengan adanya kehadiran teknologi baru ini.

ISP CIREBON MEGAHUB - Merujuk pada data yang dimuat di laman MIT Technology Review, Jumat (22/12/2017), ada lima terobosan teknologi. Apa saja?.

1. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) untuk Chatbot

Kecerdasan buatan adalah terobosan teknologi yang paling menyita perhatian pada 2017. Meski memang bukan hal baru, dari waktu ke waktu, kecerdasan buatan terus berkembang.

Untuk tahun ini, implementasi kecerdasan buatan sangat bertumpu pada penggunaan asisten virtual dan chatbotChatbot adalah salah satu inovasi asisten virtual dalam pesan instan dengan basis kecerdasan buatan. Ia memegang porsi besar dalam berinteraksi dengan manusia.

Chatbot selama dua tahun terakhir juga terus berkembang. Di Indonesia sendiri, sudah banyak web yang memanfaatkan chatbot sebagai bisnis modelnya, sebut saja Kata.ai dan Bang Joni.

Selama tiga tahun ke depan, chatbot akan berekspansi ke banyak platform chat. Ini artinya, semakin banyak pengguna akan memakai chatbot sebagai "asisten" untuk membantu kehidupan sehari-harinya.

2. Truk Otonomos

Sudah bukan jadi rahasia jika kendaraan tanpa sopir (otonomos) akan menjadi tren teknologi dalam beberapa tahun ke depan. Namun, pada 2017, truk otonomos justru menjadi fokus utama dalam kendaraan otonomos.

Dimana teknologi otonomos ini diprediksi akan mampu menangani rute lebih jauh ketimbang rute yang biasanya dijangkau truk konvensional. Dengan begitu, pengemudi manusia diproyeksikan menangani pengiriman rute lebih pendek.

3. Teknologi Pemindaian Wajah

ISP CIREBON MEGAHUB - Teknologi ini bisa membaca wajah manusia hanya dalam hitungan detik saat membuka sebuah perangkat. Ke depannya, pemindaian wajah bakal bisa diimplementasikan secara utuh untuk metode keamanan pembayaran atau beberapa kepentingan publik lainnya.

4. Smartphone Bezeless

Teknologi layar tanpa bingkai (bezeless) terbukti bisa diimplementasikan pada smartphone di 2017. iPhone X dan Xiaomi Mi MIX 2 ambil contoh.

Selain untuk kepentingan estetika, guna dari layar bezeless ini juga diklaim dapat memangkas beberapa tombol yang tak lagi dianggap penting, seperti tombol "Home" fisik.

5. Layanan On-Demand

Kehadiran beragam aplikasi yang menawarkan layanan sesuai permintaan, tak dimungkiri sangat memudahkan pengguna. Saat ini, menonton film, mendengar musik, berbelanja, termasuk memesan kendaraan, sudah dapat diakses melalui aplikasi smartphone.

Karenanya, 2017 menjadi tahun dengan penggunaan aplikasi terbesar. Tahun ini, peningkatan penggunaan layanan on-demand diperkirakan akan melonjak tajam, mengingat penetrasi smartphone pun kian luas.

(liputan6)