Mengenal Cara Kerja China Great Firewall Menyensor Internet

ISP CIREBON MEGAHUB - China dikenal sangat ketat dalam menyensor konsumsi internet warganya. Mereka memiliki teknologi China Great Firewall yang dianggap sebagai rezim penyensoran internet terbesar, paling luas, dan paling canggih di dunia.

Penyensor China terhadap sebuah konten seringkali karena dinilai kritis terhadap pemerintah atau bertentangan dengan kebijakan Partai Komunis. China sendiri tidak hanya memblokir situs web individual, tapi juga menggunakan teknik memindai URL dan konten halaman web untuk kata kunci daftar hitam. Misalnya, "Tiananmen" dan memblokir lalu lintas semacamnya.

ISP CIREBON MEGAHUB - Laman howtogeek menulis, dengan memblokir situs jejaring sosial asing seperti Facebook secara otomatis memaksa warganya menggunakan alternatif seperti Sina Weibo. Dan pemerintah pun dapat mengendalikan situs jejaring sosial tersebut untuk menyensor posting di dalamnya.

Jadi bagaimana China menyensor internetnya? Laman itu mengungkapkan, China mengendalikan gateway internet di mana lalu lintas terjadi antara China dan seluruh dunia. Melalui kombinasi firewall dan server proxy di gateway ini, mereka dapat menganalisis dan memanipulasi lalu lintas internet.

ISP CIREBON MEGAHUB - Penyensoran tidak sepenuhnya transparan. Misalnya, jika Anda mencoba mengakses situs web yang diblokir, Anda mungkin tidak melihat pesan yang memberitahukan bahwa web telah dikunci.

Anda mungkin hanya mengalami timeout, koneksi yang diblokir, dan pesan kesalahan lainnya. Penyensoran seringkali tidak dapat dibedakan dari masalah situs web -apakah koneksi VPN mati karena masalah jaringan atau karena Great Firewall melihat dan membunuhnya. Sulit untuk benar-benar tahu pasti di balik firewall.

isp cirebon

ISP CIREBON MEGAHUB - Berikut Ini Trik China Menyensor Internet:

Meracuni DNS

Saat Anda mencoba terhubung ke situs web seperti twitter.com, komputer Anda menghubungi server DNS-nya dan meminta alamat IP yang terkait dengan situs tersebut. Jika Anda menerima respons yang salah, Anda akan mencari situs web di lokasi yang tidak benar dan Anda tak bisa terhubung.

China dengan sengaja meracuni cache DNS-nya dengan alamat yang salah untuk situs-situs seperti Twitter dan Facebook sehingga warganya tak dapat mengakses.

Memblokir Akses ke IP

China Great Firewall juga dapat memblokir akses ke alamat IP tertentu. Misalnya, untuk mencegah orang mengakses server Twitter bahkan dengan mengaksesnya langsung di IP tertentu.

Atau dengan menggunakan server DNS tidak resmi yang belum diracuni, sehingga China dapat memblokir akses ke alamat IP server Twitter. Teknik ini juga akan memblokir situs-situs lain yang berada pada alamat yang sama jika mereka menggunakan shared hosting.

Menganalisis dan Menyaring URL

Firewall dapat memindai URL dan memblokir koneksi jika mengandung kata kunci sensitif. Misalnya, Website Pulse menunjukkan kepada kita bahwa http://en.wikipedia.org dapat diakses dari dalam China.
Namun http://en.wikipedia.org/wiki/Internet_censorship_in_the_People's_Republic_of_China tidak dapat diakses -firewall melihat URL dan memutuskan memblokir halaman web yang tampaknya tentang penyensoran internet.

Memeriksa dan Menyaring Paket

"Inspeksi paket dalam" dapat digunakan untuk memeriksa paket yang tidak dienkripsi, mencari konten sensitif. Misalnya, pencarian yang dilakukan pada mesin pencari mungkin gagal jika Anda mencari kata kunci yang kontroversial secara politis. Karena paket yang terkait dengan penelusuran diperiksa dan diblokir.

Mengatur Ulang Koneksi

Ada indikasi bahwa setelah Great Firewall memblokir paket seperti itu, dia akan memblokir komunikasi antara kedua komputer untuk jangka waktu tertentu. Firewall melakukan ini dengan mengirimkan "paket reset" yang pada dasarnya berbohong pada kedua komputer dan memberitahukan bahwa koneksi telah diatur ulang sehingga mereka tidak dapat saling berbicara satu sama lain.

Memblokir VPN

Pada akhir 2012, Great Firewall mulai mencoba memblokir VPN. VPN sebelumnya digunakan untuk menghindari Great Firewall.

Mereka juga penting bagi banyak pengguna bisnis, jadi ini merupakan langkah yang mengejutkan. Firewall belajar untuk mengidentifikasi lalu lintas VPN terenkripsi apa yang terlihat dan membunuh koneksi VPN.

Anda dapat melihat apakah situs web diblokir menggunakan alat seperti greatfirewallofchina.org atau menguji apakah URL tertentu diblokir menggunakan alat uji Pulse Great Firewall China.

Satu hal dari kebijakan internet China yang tertutup adalah menciptakan peluang bagi warganya untuk mengembangkan aplikasi asing populer yang terlarang. Buktinya adalah mengguritanya perusahaan-perusahaan aplikasi di China, khususnya media sosial.

cr:sindonews